ANALISIS PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEB DENGAN LINKTREE PADA MATERI KARAKTERISTIK RUANG DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM KELAS 4 SEKOLAH DASAR

  • Rizky Andita Firda Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan dampak pembelajaran IPS dengan linktree pada siswa kelas 4 SDN Kedurus III/430 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 SDN Kedurus III/430 Surabaya. Teknik pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan linktree guru mengajak siswa berperan langsung dalam pembelajaran dengan linktree. Di dalam linktree tersebut terdapat berbagai fitur pembelajaran, antara lain presensi, powerpoint materi, video materi, quiz, games 1, dan games 2. Siswa diajak untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan linktree. Hal tersebut sesuai dengan pembelajaran e-learning karena pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa memanfaatkan teknologi selama proses kegiatan berlangsung. Pelaksanaan pembelajaran dengan linktree tersebut dapat menciptakan pengalaman baru dan motivasi belajar yang dilakukan siswa selama pembelajaran. Dampak pembelajaran IPS  menggunakan linktree bagi siswa sangat baik, yaitu siswa menunjukkan perilaku positif dan ketertarikan selama pembelajaran dengan linktree berlangsung. Siswa aktif dan antusias terlibat dalam kegiatan pembelajaran IPS dengan linktree. Siswa tidak merasa bosan karena pembelajaran IPS dengan linktree dilakukan dengan menyenangkan, dimana siswa semangat dalam mengikuti setiap fitur yang ada di dalam linktree. Wawasan siswa juga semakin bertambah dengan adanya beberapa fitur yang tersedia di dalam linktree. Siswa menjadi jauh lebih memahami ciri-ciri karakteristik ruang daerah pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi serta pemanfaatan sumber daya alam dengan hasil perikanan, pertanian, dan perkebunan.

Kata Kunci: metode pembelajaran, linktree, pembelajaran IPS

Abstract

This study aims to determine the implementation and impact of social studies learning with linktree on grade 4 students at SDN Kedurus III/430 Surabaya. This study used descriptive qualitative method. The subjects in this study were teachers and 4th grade students of SDN Kedurus III/430 Surabaya. Data collection techniques in the field using observation techniques, and interviews. The results showed that the implementation of social studies learning using the linktree teacher invited students to take a direct role in learning with the linktree, where in the linktree there were various learning features, including attendance, powerpoint material, video material, quizzes, games 1, and games 2. Students were invited to to play an active role in learning activities with linktree. This is in accordance with e-learning learning because the learning provided by the teacher to students utilizes technology throughout the process of the activity. The implementation of learning with the linktree can create new experiences and learning motivation that students do during learning. The impact of social studies learning using linktree for students is very good, namely students show positive behavior and interest during learning with linktree takes place. Students are actively and enthusiastically involved in social studies learning activities with linktree. Students do not feel bored because social studies learning with linktree is done with fun, where students are enthusiastic in following every feature in the linktree. Student insight is also growing with the several features available in the linktree. Students become much more aware of the characteristics of coastal areas, lowland, and highland areas as well as the utilization of natural resources with fishery, agricultural, and plantation products.

Keywords: learning method, linktree, social studies learning

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 489
PDF Downloads: 256