ANALISIS PENALARAN ADAPTIF TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
AbstrakPenelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menalar adaptif siswa dengan tipe kepribadian Guardian dan tipe kepribadian Artisan menurut David Keirsey dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Teknik purposive sampling dipilih untuk teknik pengambilan Subjek dengan pembagian 2 siswa yang berkepribadian Guardian dan 2 siswa yang berkepribadian Artisan, pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes menalar adaptif dan wawancara. Siswa diberi tes penalaran adaptif tentang menyelesaikan permasalahan bangun datar sesuai dengan KD 4.9 pada buku matematika kelas 4 dan mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kerpibadian guardian lebih teliti dalam pengambilan keputusan ketika menyelesaikan permasalahan serta menggunakan cara yang pernah diajarkan dan dikerjakaan dengan terstruktur. Sedangkan tipe kerpibadian artisan kurang teliti dalam pengambilan keputusan ketika menyelesaikan permasalahan dan tidak tahan terhadap kestabilan dan lebih memilih cara yang simple dan cepat.
Kata Kunci: menalar adaptif, pemecahan masalah, Guardian, Artisan.