INTEGRASI PEMBELAJARAN STEAM “MATHEMATIC’S MEAL” KELAS V SEKOLAH DASAR SEBAGAI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR

  • Mohamad Reza Muji Ashari Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan design pembelajaran STEAM “Mathematic’s Meal” dan menjelaskan proses integrasi pembelajaran STEAM “Mathematic’s Meal” sebagai implementasi merdeka belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR). Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat, yaitu tahap penemuan dan analisis masalah, perancangan solusi, fase berulang, dan refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu peserta didik SDN Kedung Banteng II. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa design pembelajaran STEAM melalui lembar kerja peserta didik (LKPD) “Mathematic’s Meal” membuat makanan pizza materi makanan bergizi tema 3 sub tema 2 kelas 5 sekolah dasar. Integrasi pembelajaran STEAM meliputi beberapa hal yaitu pertama berupa analisis miskonsepsi pemahaman terhadap makanan bergizi. Kemudian membayangkan produk makanan pizza kemudian menganalisis pengaruh konsep bangun datar bentuk makanan terhadap kandungan gizinya. Setelah itu, pengenalan dan penerapan penggunaan internet melalui handphone sebagai sarana dalam merancang produk makanan pizza. Integrasi pembelajaran diakhiri dengan proses membuat, menguji, serta merefleksikan hasil kegiatan uji coba aktivitas STEAM “Mathematic’s Meal” membuat makanan pizza. STEAM mampu menyumbang alternatif pembelajaran dan dapat meningkatkan respon keaktifan peserta didik, ketertarikan pada aktivitas pembelajaran, dan guru terinovasi untuk mengimplementasikan merdeka belajar pada saat kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: STEAM, Design aktivitas “Mathematic’s Meal”, Integrasi Komponen STEAM

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 497