Penerapan Mind Mapping Sebagai Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN Segodobancang

  • Arif Bagus Priyanata Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran yang dilaksanakan pada lingkup Pendidikan formal seringkali masih menerapkan system konvensional dimana pembelajaran berfokus pada guru atau teacher centered (Trianto 2012), sementara siswa perlu mendapatkan pembelajaran yang dapat menyesuaikan kondisi dan kebutuhan siswa, sehingga peneliti merasa perlu adanya strategi pembelajaran baru dimana siswa lebih aktif demi target yang dicapai dalam pembelajaran sekaligus terfokus pada peningkatan kompetensi yang relevan dengan kehidupan siswa. Untuk itu peneliti menggunakan  Mindnmapping sebagai modelnpembelajaran denganntujuan mendorong peningkatan hasil belajar peseta didik sebagai topik utama penelitian. Sementara metodenpenelitian yang digunakannialah jenis metode kualitatifndengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teorinKemis & MC.Taggart (Dalam Akbar, 2009). Pelaksanaan penelitian  melalui dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari tahap menyusun rencana, observasi, juga tindakan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 5 semester genap tahun ajaran 2021/2022 SDN Segodobancang Kabupaten Sidoarjo, terletak di Jl.Rono menggolo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan mind map turut berkontribusi dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa, hasil ini dibuktikan dengan hasil instrument aktivitas belajar siswa pada siklus pertama pertemuan pertama dengan nilai 66% dan mendapatkan peningkatan pada pertemuan kedua hingga mencapai angka 74%. Sementara pada siklus kedua pertemua pertama perolehan hasil instrument sejumlah 81%. Selain itu pada siklus II pertemuan I sebesar 100%. Hasil belajar psikomotor siklus I pertemuan 1 mendapat nilai mean 69,92 dengan peningkatan perolehan pada pertemuan kedua dengan hasil 75,60. Perolehan ini menjawab hipotesis penelitian, dimana pembelajaran menggunakan mind map berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Mind mapping, Model Pembelajaran

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 181