EKSPLORASI KONSEP BANGUN RUANG PADA BUDAYA MUNGGAH MOLO (MUNGGAH SUWUNAN) DI SEKOLAH DASAR

  • Nabilah Azzahro Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Abstrak

Lunturnya salah satu Budaya di  Jawa pada era milenial ini patut untuk kita perhatikan. Selain masalah lunturnya Budaya, kurangnya visualisasi benda konkret pada Pembelajaran sering terjadi pada materi Bangun Ruang. Keterkaitan antara Pembelajaran Matematika dengan Budaya telah dikaji dengan sebutan Etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Budaya Munggah Molo (Munggah Suwunan) yang saat ini jarang ditemui di Kota Surabaya, mendeskripsikan makna yang terkandung pada Budaya Munggah Molo (Munggah Suwunan), dan mendeskripsikan konsep Matematika SD materi Bangun Ruang pada Budaya Munggah Molo (Munggah Suwunan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara alami dimana peneliti melakukan observasi partisipasi, wawancara mendalam dengan melakukan getting in terlebih dahulu dengan berinteraksi bersama informan. Untuk mendapatkan kredibilitas, peneliti menggunakan teknik Triangulasi sumber dengan membandingkan data dari hasil wawancara, observasi, serta dokumen - dokumen pendukung lain dengan hasil yang sesuai atau konsisten. Teknik analisis data dilakukan dengan model Spradley. Hasil temuan yang diperoleh pada penilitian ini ialah adanya aktivitas Etnomatematika materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar pada  Budaya Munggah Molo (Munggah Suwunan) (1) Aktivitas merancang bangun dapat di terapkan pada materi macam bentuk Bangun Ruang dan jaring-jaring Bangun Ruang (2) Aktivitas mengukur dapat di terapkan pada materi jumlah rusuk pada Bangun Ruang dan volume Bangun Ruang (3) Aktivitas membilang dapat di terapkan pada materi luas permukaan Bangun Ruang dan sisi Bangun Ruang (4) Aktivitas menentukan lokasi dapat di terapkan pada materi sisi Bangun Ruang (sisi alas pada Bangun Ruang).

Kata Kunci: Etnomatematika, Bangun Ruang di Sekolah Dasar, Munggah Molo (Munggah Suwunan)

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 266
PDF Downloads: 293