PENGEMBANGAN MEDIA LINE CARD UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • elin eengelina nidhayati Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Menghasilkan sebuah produk media line card induk dari media kartu gambar untuk keterampilan menulis pantun siswa kelas V sekolah dasar serta mengetahui hasil kelayakan dan kepraktisan dalam menggunakan media line card untuk keterampilan menulis pantun siswa kelas V sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian pengembangan ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, tahapan rancangan, tahapan pengembangan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Adapun jenis data dalam penelitian ini yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan hasil 85%. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan hasil 92%. Sedangkan hasil lembar angket respon pendidik menunjukkan hasil 100%. Hasil lembar angket respon peserta didik menunjukkan hasil 100%. Berdasarkan hasil persentase dari uji kevalidan oleh ahli materi dan uji kevalidan oleh ahli media, serta angket respon pendidik dan angket respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa pengembangan media line card sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas V sekolah dasar.

Kata kunci: pengembangan, media line card, keterampilan menulis pantun.

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 171