PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ivin Karisma Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif oleh tenaga pendidik. Pengembangan ini menargetkan untuk menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline 3 yang selanjutnya diuji kelayakannya berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan penelitian yang kemudian disederhanakan menjadi 7 tahapan penelitian yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk dan (7) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Tahap uji coba dilakukan oleh 28 peserta didik kelas V SD Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk peserta didik kelas V SD. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tingkat validitas yang didapat melalui validasi media dengan persentase 86% dan validasi materi sebesar 95%. Tingkat kepraktisan media yang diperoleh melalui hasil angket respon siswa yang mendapatkan persentase sebesar 100%. Serta tingkat keefektifan media diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 82% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,66. Sehingga dapat diambil kesimpulan media pembelajaran Articulate Storyline 3 sangat layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dalam materi profesi, kendaraan dan bentuk.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Articulate Storyline 3, kosakata Bahasa Inggris, meningkatkan penguasaan, sekolah dasar

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 356
PDF Downloads: 240