PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA : SERI KARAKTER ANAK BANGSA BERBASIS SOCIAL EMOTIONAL LEARNING UNTUK FASE A SEKOLAH DASAR

  • Rizka Malia Syafitri Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan untuk mengembangkan produk berupa Ensiklopedia berjudul Seri Karakter Anak Bangsa. Tahapan pengembangan produk ini menggunakan Teori Tahapan Sadiman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengembangan media pembelajaran; 2) Menguji kelayakan media dengan validasi; 3) Mengukur efektivitas media melalui perbandingan pretest dan postest; serta 4) Mengetahui besar respon penilaian guru dan peserta didik sebagai pengguna Ensiklopedia. Data validasi diambil dari dua dosen ahli materi dan satu ahli media. Data uji efektivitas diambil dari 22 peserta didik SDN Margorejo V/407 Surabaya jenjang kelas I dan II. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media Ensiklopedia Seri Karakter Anak Bangsa Layak digunakan, dengan skor 4,12. Hasil uji efektivitas penggunaan media memperoleh skor 0,72 yang dalam kriteria Gain Score, kategori tinggi adalah nilai lebih besar dari 0,7. Maka media ini memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Hasil penilaian guru memperoleh rata-rata skor 4,5 dengan kategori Sangat Layak. Sementara respon peserta didik dalam penggunaan media memperoleh prosentase sebesar 90% dengan kategori Positif.

Kata Kunci : Pengembangan, Ensiklopedia, Social Emotional Learning, Media, Kurikulum Merdeka

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 166