Pengembangan Media Sekolah Dasar Augemented Reality SADAR berbasis Andorid pada materi Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagi Sekolah Dasar

  • Iqbal Aji Prakoso Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Penggunaan smartphone khususnya pada peserta didik mengalami peningkatan. Sehingga dapat digunakan oleh pendidik untuk membuat media belajar menggunakan smartphone. Penelitian ini mengembangkan media SADAR menggunkan Smartphone. Media SADAR adalah Media  Augmented Reality yang menggabungan benda 2D  dan 3D dalam aplikasi smartphone. Ketika dilakukan scan akan menampilkan gambar nyata organ tubuh manusia. Setiap gambar akan muncul fungsi organ tubuh manusia. Sehingga, media SADAR digunakan untuk media belajar materi fungsi organ tubuh manusia bagi peserta didik sekolah dasar dengan tujuan : 1) Mengetahui kevalidan media pembalajaran SADAR. 2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran SADAR. serta 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran SADAR. Peneliti dalam melakukan pengembangkan media menggunakan  model ADDIE dengan tahapan analisis yaitu menganalisis media pembelajaran, peserta didik, dan mata pelajaran. Tahapan desain yaitu membuat perencanaan dalam media pembelajaran. Tahapan pengembangan yaitu proses pra-produksi, produksi dan pasca-produksi media. Tahapan implementasi yaitu penerapan media pembelajaran dalam proses belajar. Tahapan evaluasi yaitu mengolah hasil data implementasi media. Hasil validasi media yang telah dilakukan mendapatkan presentase 89,16% serta validasi materi mendapatkan presetase 88,75%. Pada tahap kepraktisan mendapatkan hasil presentase dari pendidik 100%, peserta didik 91,42%, pada tahap keefektifan media pembelajaran mendapatkan presentase ketuntasan 85,71% dan hasil kriteria analisis N-gain yaitu sedang dengan nilai 0,60. Disimpulkan media SADAR layak digunakan dalam kegiatan Belajar di SD

Kata Kunci: augmented reality, aplikasi android, fungsi organ manusia, media pembelajaran

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 76