Pengembangan Media Human Blood Circulatory System Berbasis Video Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar

  • shera alva omega Universitas Negeri Surabaya
  • mintohari mintohari

Abstract

Sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang abstrak, kompleks, serta rumit untuk dipahami oleh siswa. Maka dibutuhkan media yang dapat membantu siswa untuk memahami materi tersebut.  Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengukur tingkat kelayakan media Human Blood Circulatory System berbasis video interaktif pada materi sistem peredaran darah kelas V di sekolah dasar berdasarkan validitas, keefektifan serta kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan metode R&D atau kepanjangan dari Research and Development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas V SDN Ngemplak 1 Bojonegoro adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, validasi, angket respon siswa, serta tes. Hasil analisis media dari validator ahli materi mendapatkan persentase 90% dengan kategori “sangat valid”  serta ahli media 92% dengan kategori “sangat valid”. Hasil keefektifan media dari ketuntasan hasil belajar mendapatkan persentase 100% dengan kategori “sangat baik” dan N-Gain 0,78 dengan kategori “tinggi”.  Sedangkan hasil analisis kepraktisan media dari respon peserta didik mendapatkan persentase 100% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa media Human Blood Circulatory System layak, efektif, serta praktis digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Interaktif, Sistem Peredaran Darah Manusia

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 40