PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO CERITA ANIMASI BERBASIS INSHOT MATERI KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN SAAT PEMBELAJARAN DARING UNTUK SISWA KELAS 4 SD

  • Nisa Agus Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Abstrak

Penelitia pengembangan media berbasis InShot ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, kelayakan, dan keefektifan dari media video cerita animasi berbasis InShot materi kebersamaan dalam keberagaman untuk siswa kelas IV SD. Metode yang diterapkan dalam penelitian yaitu R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba penelitian yaitu siswa kelas IV SD di sekitar wilayah Dukuh Setro 3 Surabaya. Instrumen dalam penelitian terdiri dari lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar validasi produk bahan ajar, lembar angket siswa, lembar soal evaluasi siswa. Teknik analisis data melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil persentase skor kevalidan media sebesar 95 %, materi sebesar 97,5 %, dan produk oleh guru sebesar 93,33 %. Hasil keefektifan produk berdasarkan hasil uji coba oleh 6 siswa, tahap pertama hasilnya 2 dari 6 siswa mampu menjawab 5 pertanyaan dengan tepat, dan 5 dari 6 siswa mampu menyebutkan macam agama, suku, dan contoh sikap toleransi tidak lebih dari 2 macam, tahap kedua hasilnya 5 dari 6 siswa mampu menjawab 5 pertanyaan dengan tepat, dan ke-6 siswa mampu menyebutkan macam agama, suku, dan contoh sikap toleransi lebih dari 2 macam, dan berdasarkan rekapitulasi angket siswa dengan persentase rata-rata sebesar 93,75 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa media video cerita animasi berbasis InShot sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar materi kebersamaan dalam keberagaman untuk siswa kelas IV SD.

Kata Kunci: pengembangan media, video animasi, InShot, kebersamaan dalam keberagaman

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 217