STRATEGI PEMANFAATAN DAN EFEKTIFITAS PLATFORM DIGITAL MICROSOFT OFFICE 365 SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MASA PANDEMI COVID19 DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh signifikan pada aspek kehidupan terutama pendidikan. Dalam pembelajaran digital masih belum terealisasi dengan baik sehingga perlu adanya pembiasaan sehingga pembelajaran dapat tercapai selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas dan Pemanfaatan platform digital sebagai pembelajaran interaktif yang ada di Sekolah Dasar ditengah adanya pandemic covid -19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian yang dilakukan peneliti artinya pengajar Sekolah Dasar danĀ peserta didik kelas 2A Sekolah Dasar Negeri Tanah Kalikedinding 2 Surabaya. Proses analisis data menggunakan trigulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan serta efektivitas penggunaan Microsoft Office Teams 365 lebih banyak dipergunakan pada aktivitas pembelajaran asynchronous. Microsoft Office 365 sangat efektif untuk dipergunakan, hal ini terlihat berasal jumlah nilai peserta didik yang semakin tinggi sebanyak 2,94% dengan penggunaan media pembelajaran Microsoft Office 365.
Kata Kunci: Strategi Pemanfaatan, Efektivitas, Platform Digital, Microsoft Office 365