TARI LENCIR KUNING KABUPATEN TUBAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SEKOLAH DASAR

  • Lathifatul Aunia Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Etnopedagogi merupakan salah satu jenis pendidikan yang menitikberatkan pada kajian budaya dalam berbagai bidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat tari Lencir Kuning sebagai kearifan lokal, serta materi yang terkandung dalam tari sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi, dan untuk mengintegrasikan tari Lencir Kuning dengan pembelajaran sekolah dasar sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen dilakukan untuk memperoleh data. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi semuanya digunakan dalam analisis data. Tari Lencir Kuning, menurut penelitian, memuat banyak komponen materi, antara lain Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, SBdP, PPKn, dan PJOK. Materi yang ditemukan pada tari Lencir Kuning diintegrasikan di sekolah dasar sebagai bagian dari pembelajaran terpadu sesuai kurikulum 2013 dan disempurnakan menjadi model pembelajaran Webbed dan Connected.

Kata Kunci : Tari Lencir Kuning, etnopedagogi, sumber belajar.

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 411
PDF Downloads: 429