PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Alifia Salsabilla Mahera Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control - Group Design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Cepoko dan SDN 4 Kuncir yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test (independent t-test) berbantuan spss versi 23. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V yang ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari 76 % menjadi 90%. Hasil nilai thitung sebesar 2,142 dan nilai ttabel sebesar 2,069 (2,142 > 2,069) yang berati terdapat perbedaan rata - rata hasil keterampilan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan model pembelajaran CIRC dengan yang tidak. Hasil thitung menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho tidak. Kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat pada kelas eksperimen dengan rata – rata nilai pretest 70 dan 80 pada rata-rata nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran circ, membaca pemahaman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control - Group Design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Cepoko dan SDN 4 Kuncir yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test (independent t-test) berbantuan spss versi 23. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V yang ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari 76 % menjadi 90%. Hasil nilai thitung sebesar  2,142 dan nilai ttabel sebesar 2,069 (2,142 > 2,069) yang berati terdapat perbedaan rata - rata hasil keterampilan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan model pembelajaran CIRC dengan yang tidak. Hasil thitung menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho tidak. Kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat pada kelas eksperimen dengan rata – rata nilai pretest 70 dan 80 pada rata-rata nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.

Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran circ, membaca pemahaman

Published
2022-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 86