PENGEMBANGAN MEDIA GAME “SCIENCE MISSION” BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • putri muwasaaturohmawati Universitas Negeri Surabaya
  • julianto julianto

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan media ­­game “Science Mission” ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media ­­game “Science Mission dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi perubahan wujud benda kelas V Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dari Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan. Namun peneliti menyederhanakannya menjadi 7 tahapan pengembangan sesuai dengan modifikasi oleh Pratama et al., (2016). Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini meliputi lembar validasi, lembar angket respon guru dan peserta didik, serta lembar tes yang tediri dari pretest dan posttest. Jumlah subjek dalam penelitian yaitu 10 peserta didik kelas V SDN Kebonsari Kabupaten Lamongan. Tingkat kevalidan media diperoleh dari hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan uji validasi oleh ahli media sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media diperoleh dari hasil angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru sebesar 98 % dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan media diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Media pembelajaran ­­game “Science Missionefektif digunakan dengan hasil presentase ketuntasan belajar sebesar 90%, serta peningkatan hasil belajar peserta didik melalui perhitungan N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ­­game “Science Missionberbasis android memiliki nilai kevalidan, kepraktisan dan keefektifitasan sehingga layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game “Science Mission”, Wujud Zat, Sekolah Dasar

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 199