Pengembangan Media Pembelajaran An-Nur Berbasis Video Animasi Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sekolah Dasar

  • Angger Restu Rahma Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Cahaya merupakan salah satu bentuk energi yang memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.Materi sifat-sifat cahaya cukup rumit sehingga membutuhkan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan media video animasi dengan judul An-Nur pada materi sifat- sifat cahaya di kelas V Sekolah Dasar dengan berdasarkan pada pengujian validitas, keefektifan, dan kelayakan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau biasa disingkat R&D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Bakalan dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar validasi, kuisioner respon siswa, serta tes. Hasil analisis media dari validator ahli media 90% dengan kategori “Valid” serta ahli materi 92% dengan kategori “Sangat valid. Hasil keefektifan media dari ketuntasan hasil belajar mendapat presentase 95% dengan kategori (sangat baik) dan Hasil penilaian N-Gain 0,49 Sedangkan hasil analisis kepraktisan media dari respon peseta didik mendapat presentase 100% dengan kategori (sangat praktis). Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa media video animasi An-Nur layak, efektif, serta praktis digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.

Kata Kunci : Video animasi, pengembangan, sifat-sifat cahaya

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 120