PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN EKOSISTEM DENGAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS 5 SD

  • Rishania Diah Ayu Atha Bahtiar Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis video interaktif menggunakan pendekatan CTL yang bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) dengan menggunakan subjek berjumlah 21 siswa kelas V SDN Karah 1 Suarabaya. Dari hasil penelitian pengembangan uji validasi materi dan media dari validator menyatakan bahwa media pembelajaran video interaktif layak serta efektif untuk digunakan dengan presentase media 96% dan materi 92%, dan kepraktisan media 100% kemudian dalam keefektifannya mendapatkan skor 0,55 yang dihitung melalui rumus N Gain yang artinya termasuk dalam kategori sedang, ketuntasan belajar siswa menggunakan media video adalah 95% dan perolehan nilai rata rata siswa seblum menggunakan media yaitu 66,9 menjadi 86,8 setelah menggunakan media dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Video Interaktif, CTL, Ekosistem

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 330
PDF Downloads: 604