PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK WEBTOON DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

  • rinda ananda nurfadillah Universutas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang teknologi semakin canggih, media pembelajaran juga semakin berkembang yang sebelumnya masih menggunakan media sederhana sekarang media pembelajaran sudah banyak yang berbasis teknologi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Selain mempelajari teknologi yang semakin canggih, pendidik juga diharapkan mampu menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Media pembelajaran komik webtoon digestive system merupakan media visual yang menceritakan proses pencernaan pada manusia yang dapat di akses melalui smartphone atau komputer dan membutuhkan koneksi internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan webtoon sebagai media pembelajaran yang menarik dan layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan meliputi analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas V SDN Ngembeh 2. Hasil analisis media dari validator ahli media mendapatkan presentase 91,6% dengan kategori “layak digunakan” serta ahli materi mendapatkan presentase 90% dengan kategori “layak digunakan”. Tingkat kepraktisan media kategori “sangat praktis” sebesar 100% angket respon guru dan 88,87% angket peserta didik. Tingkat keefektifan media dan ketuntasan hasil belajar mendapatkan presentase 95% dan N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori “tinggi”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media komik webtoon Digestive System valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, komik webtoon, sistem pencernaan manusia.

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 95