PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV MI AL-KARIM SURABAYA

  • Ariska Yudha Prastya Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru memiliki peranan untuk menjaga kualitas pendidikan. Banyak hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran yang sesuai. Hasil observasi di MI Al-Karim menunjukkan bahwa kurangnya antusiasme siswa dalam memperhatikan penjelasan guru. Hal ini berlanjut pada hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan setiap siklus. Tahapan pada setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan analisis data menggunakan rata-rata. Perencanaan dilakukan dengan wawancara, menyiapkan perangkat pembelajaran, lembar observasi, serta lembar evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, proses pembelajaran serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase aktivitas guru 76%, persentase aktivitas siswa 73,1%, dan persentase ketuntasan siswa 72,7%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase aktivitas guru 88,4%, persentase aktivitas siswa 82%, dan persentase ketuntasan siswa 90,1%. Dari analisa data hasil penelitian, dapat dipahami bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektifitas pembelajaran pada mata pelajaraan IPA.    .

Kata Kunci: Model pembelajaran, STAD, IPA, hasil belajar.

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 290
PDF Downloads: 383