EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • indah rahmadhani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran menggunakan pendekatan RME memanfaatkan realita dan lingkungan dalam pemecahan masalah, sehingga siswa lebih mudah memahami dan memperlancar urusan pembelajaran matematika terlebih pada materi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pendekatan RME yang diterapkan kepada siswa sekolah dasar kelas IV pada materi geometri. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu two group test design yakni menggunakan rancangan eksperimen dengan kelompok yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain rancangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan jenis Post-test only control design. Data penelitian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistik 23. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan instrumen soal post-test untuk mengetahui keefektivan RME terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan RME sebesar 80%. Melalui uji independent t-test dengan diketahui nilai rata – rata (Mean) untuk kelas X adalah 76,600 , sedangkan untuk kelas Y adalah 60,000 dan gain kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan.  Hasil penelitian memperlihatkan apabila pembelajaran menggunakan pendekatan RME efektiv atau mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pendekatan RME dapat dijadikan pilihan model pembelajaran yang cocok dengan materi yang akan diajarkan.

Kata kunci: efektivitas, pendekatan RME, geometri, bangun datar, siswa sekolah dasar.

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 119