Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Video Terhadap Tingkat Keterampilan Menuulis Cerita Pendek Siswa Kelas IV SDN Ngadirejo Tuban

  • aqiella salsa fadia hayya Universitas Negeri Surabaya
  • hendratno hendratno

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling berbantuan video terhadap tingkat keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Ngadirejo Tuban. Penggunaan metode belajar yang menarik, kreatif, dan aktif merupakan hal yang sangat perlu dilakukan, agar dapat terlaksananya dan terciptanya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Faktor rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Ngadirejo Tuban yaitu dapat disebabkan oleh, (a) metode pembelajaran yang diberikan terbilang masih sangat sederhana, yakni guru hanya menggunakan metode berceramah, (b) penyampaian materi tidak berkesinambungan, (c) guru belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, (d) penyampaian materi yang kurang menarik sehingga siswa cenderung bosan ataupun senang bermain sendiri pada saat proses pembelajaran, (e) kurangnya latihan menulis cerita pendek secara bertahap, (f) guru dan siswa hanya mengunakan buku pegangan dalam bercerita tanpa mengembangkan kemampuan bercerita dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimen (weak exsperiment). Dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN Ngadirejo Tuban dengan jumlah 16 siswa. Teknik (purposive sampling) diambil oleh peneliti sebagai teknik sampling dengan jumlah sampel 16 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, dengan tes menulis cerita pendek.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, sedangkan pada metode uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t (t-test). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat pengaruh yang signifikan dari metode storytelling berbantuan video terhadap tingkat keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Ngadirejo Tuban, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Selanjutnya dari hasil nilai mean pretest (51.63) dan postest (79.06) terdapat peningkatan dengan selisih 27.438. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode storytelling berbantuan video terhadap tingkat keterampilan menulis cerita pendek sangatlah cocok untuk digunakan dalam meningkatkan suatu keterampilan ataupun kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik, khususnya pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Metode Storytelling, Video, Menulis Cerita Pendek.

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 64