EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD KELAS V DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • indrianti eka purnamasari Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Akibat pandemi Covid-19, berimbas kepada pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah yang harus dilaksanakan secara daring. Salah satu kelemahan pembelajaran daring yaitu penggunaan waktu yang sangat terbatas, sehingga kondisi tersebut berefek kepada rendahnya keterampilan proses sains siswa. Oleh karena itu, peneliti berinovatif untuk melaksanakan pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) dan mencari tahu keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SD kelas V pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup siswa kelas V di SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya. Purposive sampling dipilih sebagai teknik penentuan sampel dengan pembagian menjadi dua kelas yaitu 15 siswa dari kela V-C dijadikan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran POE sedangkan 15 siswa lainnya dari kelas V-B dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang dipilih berupa tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan kuesioner angket respon siswa. Peneliti menggunakan statistik parametrik untuk menganalisis data tes keterampilan proses sains. Dalam penelitian, diperoleh rerata hasil observasi kepraktisan pembelajaran POE pada pertemuan ke-1, ke-2 dan ke-3 secara berurutan yaitu 76,4% dengan kategori tinggi, 80,3% dengan kategori sangat tinggi, dan 88,6% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji-t dengan independent sample didapatkan bahwa nilai signifikansi dengan taraf 5% pada ketiga pertemuan < 0,05, dengan diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,160 maka dapat diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Pada perolehan hasil N-Gain menunjukkan rerata skor gain pada kelas eksperimen mencapai 0,61. Maka didapatkan kesimpulan bahwa tampak adanya perbedaan nilai keterampilan proses sains yang signifikan antara siswa yang melaksanakan pembelajaran POE dan siswa dengan pembelajaran konvensional. Sehingga pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SD kelas V dalam pembelajaran daring, dengan kategori tingkat keefektifan yang cukup.

Kata Kunci: POE, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Daring

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 122