PENGEMBANGAN GAME EDUKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Efrida Dwi Rochmada Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran game edukasi wordwall materi peninggalan sejarah kelas IV dengan tujuan : 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran game edukasi wordwall dalam pembelajaran sejarah materi peninggalan sejarah di sekolah dasar kelas IV, 2) Mendeskripsikan kelayakan game edukasi wordwall dalam pembelajaran sejarah materi peninggalan sejarah di sekolah dasar kelas IV, 3) Mendeskripsikan keefektifan game edukasi wordwall dalam pembelajaran sejarah materi peninggalan sejarah di sekolah dasar kelas IV. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan lima tahapan pengembangan, yaitu : analysis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji validasi media mendapatkan persentase sebesar 89,3% dan hasil uji validasi materi mendapatakan hasil persentase sebesar 88%. Uji coba media dilakukan pada peserta didik kelas IV melalui hasil kuisioner dengan mendapatkan persentase sebesar 83,5%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi wordwall layak dan efektif digunakan oleh siswa dalam pembelajaran materi peninggalan sejarah di sekolah dasar.

Kata Kunci : Media pembelajaran, Game edukasi, Peninggalan sejarah.

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 428
PDF Downloads: 1399