Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Getricard dalam Pembelajaran Matematika Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

  • Dinda Arofahtul Munawwaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati

Abstract

Permendikbud nomor 37 Tahun 2018 bahwa presentase materi geometri di sekolah dasar berkisar 40-50%. Hal ini membuktikkan bahwa geometri bukan hanya bagian penting dalam matematika. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran geometri menyebabkan peserta didik kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan. Maka dari itu, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran sehingga tercipta media bernama “Getricard”. Sehingga, media Getricard dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi geometri bagi peserta didik sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengembangan media dan respon peserta didik terhadap media Getricard. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE. Hasil dari pengembangan media Getricard diuji kevalidan dan kelayakannya. Hasil validasi berdasarkan lembar validasi media dan materi maka media ini dapat dikatakan valid. Respon peserta didik terhadap media juga baik, media Getricard dinilai mampu meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan peserta didik memhami materi geometri. Sehingga, media Getricard valid dan layak digunakan dalam pembelajaran geometri kelas IV SD.

 

Kata Kunci: Media, Getricard, Geometri

 

Permendikbud number 37 of 2018 that the percentage of geometry material in elementary schools ranges from 40-50%. This makes it clear that geometry is not only an important part of mathematics. The lack of learning media used in geometry learning causes students to have difficulty understanding the material presented. Therefore, it is necessary to develop a learning media so that a media called "Getricard" is created. Thus, Getricard media can be used as a learning medium for geometry material for elementary school students. The purpose of this study is to describe the process of media development and the response of students to Getricard media. This development research uses the ADDIE method. The results of the development of Getricard media were tested for validity and feasibility. Validation results are based on media validation sheets and materials, then this media can be said to be valid. The response of students to the media is also good, Getricard media is considered to be able to increase motivation and make it easier for students to understand geometry material. Thus, Getricard media is valid and suitable for use in learning geometry in grade IV elementary school.

 

Keywords: Media, Getricard, Geometry

 

 

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 173