PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU FLORA FAUNA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Senja Mayang Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata
  • Heru Subrata

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam pemilihan media pembelajaran terhadap keterampilan membaca aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media kartu flora fauna terhadap keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas III sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media, lembar angket siswa, dan lembar penilaian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ASSURE (Analyze learners, State objectives, Select, modify or design media, Utilize media, Requires learner response, Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sangat valid dengan hasil validasi materi sebesar 88% dan hasil validasi media sebesar 88%. Media juga efisien, dengan hasil persentase pada angket guru sebesar 84% dan pada angket siswa sebesar 95,6%. Selain itu, media juga dinyatakan efektif karena terjadi peningkatan hasil pre-test dan post-test dengan nilai N-Gain sebesar 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang. Melalui kartu flora fauna ini motivasi dan keterampilan membaca aksara Jawa siswa semakin meningkat serta memotivasi guru untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif lainnya.

Kata Kunci: pengembangan, media kartu flora fauna, membaca aksara Jawa

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 155