PENGEMBANGAN MEDIA BACA SERU DAN ASYIK (BARUSIK) BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media BARUSIK berbasis android untuk materi membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar, untuk mengukur validitas media BARUSIK berbasis android terhadap materi membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar, untuk mengetahui keefektifan media BARUSIK terhadap materi membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar dan untuk mengetahui kepraktisan media BARUSIK berbasis android terhadap materi membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media, lembar pretest dan posttest, serta lembar angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data validasi materi dan media menggunakan pedoman skala Likert, lembar pretest dan posttest menggunakan analisis rumus N-Gain serta lembar angket respon guru dan siswa menggunakan pedoman skala Guttman. Hasil kevalidan media BARUSIK memperoleh persentase 86,67% melalui tahapan validasi ahli materi dan persentase 86,75% melalui tahapan validasi ahli media. Tingkat keefektifan media BARUSIK mendapatkan nilai 0.52 dari analisis N-Gain melalui tahapan uji coba produk yang menunjukkan terjadi peningkatan tingkat sedang terhadap hasil belajar siswa materi membaca permulaan. Kepraktisan media dapat diketahui melalui angket respon guru yang mendapatkan 100% dan angket respon siswa yang mendapatkan 92% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media BARUSIK berbasis android dapat dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk digunakan sebagai media belajar untuk materi membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar.
Kata Kunci: pengembangan, media BARUSIK, smartphone berbasis android, membaca permulaan.