PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR “AUGMENTED REALITY” PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS 6 SD

  • Mohammad Haris Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Pendidikan adalah salah satu cara untuk mencari pengetahuan, pengalaman, serta wawasan yang dapat mencetak generasi bangsa melalui kegiatan pembelajaran, pelatihan serta penelitian untuk membuat manusia menjadi lebih baik dalam langkah kedepanya. Dengan adanya pandemi ini kita dituntut untuk membuat media pembelajaran yang mobile. Melalui perkembangan teknologi dan komunikasi dalam beberapa tahun dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berbasis Smartphone. Peneliti mengembangan media pembelajaran AR berbasis Android. Media AR adalah media Augmented Reality yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi dalam aplikasi yang menampilkan benda tersebut menjadi nyata. Ketika dilakukan scan marker akan menampilkan gambar nyata matahari, merkurius, venus, bumi, bulan, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus, meteor, komet, asteroid dan satelit. Sehingga media ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi Sistem Tata Surya bagi peserta didik sekolah dasar dengan tujuan: 1) Mengetahui kevalidan media pembalajaran AR, 2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran AR, serta 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran AR. Peneliti dalam melakukan pengembangkan media menggunakan model ADDIE. Hasil validasi media yang telah dilakukan mendapatkan presentase 90,38% serta validasi materi mendapatkan presetase 87,5%. Pada tahap kepraktisan mendapatkan hasil presentase dari pendidik 89,5% dan peserta didik 83,33%. Pada tahap keefektifan media pembelajaran mendapatkan presentase ketuntasan Hasil analisi N-Gain diperoleh peserta didik terdapat 18,5% siswa mendapatkan skor efektifitas dengan kategori tinggi, 74 % sedang dan 7,5% rendah. Sehingga, berdasarkan analisis data diperoleh keefektifan media pembelajaran berbasis AR augmented reality pada materi sistem tata surya berada pada kategori efektif, yaitu berkisar antara 56-75 sehingga layak untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Augmented Reality, Aplikasi Android, Materi Sistem Tata Surya

Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 870
PDF Downloads: 628