PENERAPAN METODE MENULIS BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode menulis berantai, hasil belajar diterapkannya metode menulis berantai, dan kendala selama penerapan metode menulis berantai untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara, dan lembar catatan lapangan. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 79,2% meningkat menjadi 92,7% pada siklus II. Kemudian, hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 80% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Data hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang tuntas belajar adalah 53,3% dan meningkat menjadi 93,3% pada siklus II. Kendala-kendala yang dihadapi pada siklus I dan siklus II dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan menerapkan metode menulis berantai siswa kelas V SDN I Petung dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.
Kata Kunci: menulis, metode menulis berantai, narasi.