PENGEMBANGAN GAME JELAJAH NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS II SD

  • Wuni Dwiawinta Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penggunaan media pembelajaran untuk mengasah keterampilan menulis kalimat sederhana pada muatan bahasa Indonesia membutuhkan inovasi guru. Salah satunya dengan melakukan pengembangan media game Jelajah Nusantara berbasis android agar siswa tidak bosan belajar dan tertarik untuk berlatih menulis.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  proses pengembangan media game Jelajah Nusantara sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SD dan mengetahui kelayakan media game Jelajah Nusantara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE dengan lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar angket, dan lembar tes siswa. Hasil penelitian dari segi validitas menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 90% termasuk dalam kategori valid tanpa revisi. Hasil efektivitas media game Jelajah Nusantara diperoleh dari lembar tes siswa memperoleh persentase sebesar 87,48% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian dari segi kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon guru memperoleh persentase sebesar 100% dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat praktis.

Kata kunci: pengembangan,  media game Jelajah Nusantara , keterampilan menulis kalimat sederhana.

  

Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 96