EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penutupan sekolah telah mempengaruhi struktur sekolah dan pembelajaran. Yang pertama dapat mempengaruhi pengajaran dan metodologi penilaian. Pengajaran bagi peserta didik tidak hanya terganggu dengan penutupan sekolah. Lockdown juga mempengaruhi penilaian peserta didik. Bagi guru dan peserta didik merupakan era baru pendidikan. Dengan adanya wabah ini, mau tidak mau guru harus menggunakan pembelajaran jarak jauh, dan dituntut untuk mampu beradaptasi sehingga pembelajaran dilakukan melalui media dan teknologi. Melihat dari permasalahan yang ada, peneliti akan menggunakan media berbasis powtoon. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis powtoon materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini mneggunakan metode pengembangan model borg and gall, namun peneliti hanya menggunakan pengembangan hingga 7 tahapan penelitian. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 30 peserta didik pada skala terbatas. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa media powtoon dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perolehan presentase hasil responden skala terbatas 77,3 % , uji validasi materi 80 % , uji validasi media 76,5 %. Dapat disimpulkan bahwa media ini menarik, sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Efektifitas, Powtoon, Hasil belajar