PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLATFORM WORDWALL.NET UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • umi latifah Universitas Negeri Surabya
  • maryam isnaini damayanti

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merambah di Indonesia pada awal tahun 2020. Sejak itulah sistem pembelajaran berubah menjadi daring. Perubahan sistem pembelajaran ini tentunya banyak menyulitkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Karena hal itulah akan dikembangkan sebuah alat evaluasi pembelajaran menggunakan platform wordwall.net yang bertujuan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan dan kefektifan pengembangan media berupa alat evaluasi  pembelajaran menggunakan platform wordwall.net pada materi ungkapan bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Devolpoment (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Kevalidan media memenuhi kriteria “sangat valid” berdasarkan persentase nilai rata-rata dari ahli media 89% dan persentase nilai rata-rata dari ahli materi 85%. Kepraktisan media memenuhi kriteria “sangat praktis” berdasarkan hasil persentase angket respon siswa 92% dan angket respon guru 100%. Keefektifan media memenuhi kriteria  “tinggi’ atau “sangat efektif” berdasarkan hasil ketuntatasan belajar yang dihitung dengan bantuan N-Gain dengan perolehan nilai 0,76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi menggunakan platform wordwall.net untuk kelas II sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai alat evaluasi.

Kata Kunci: pengembangan, alat evaluasi pembelajaran, ungkapan, platform wordwall.net

Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 651
PDF Downloads: 536