Peran Guru Dalam Penannaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan karakter peduli terhadap lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran seorang guru dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440 dilaksanakan dengan keteladanan, pembiasaan serta pengkondisian. Cara guru dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada kelas IV dengan mengajak serta siswa belajar di luar ruangan untuk lebih dekat dengan alam, serta memberikan contoh bagaimana cara merawat lingkungan dengan benar agar peserta didik merasa tertarik untuk ikut peduli terhadap lingkungannya. Adapun beberapa faktor penghambat dan pendukung yaitu adanya peran guru dan kegiatan rutin jumat bersih, dan sabtu sehat, dan faktor penghambatnya yaitu sosial ekonomi dari siswa dan masih ada beberapa dari siswa belum melaksanakan kegiatan peduli lingkungan secara baik.
Kata Kunci: Peran guru, penanaman karakter, peduli lingkungan