Pengembangan Media E-Flipbook Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Ruth Hana Marvelia Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media e-flipbook untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas  5 tahapan, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 35 siswa dengan melakukan uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media e-flipbook berdasarkan hasil validasi media sebesar 91% dan hasil validasi materi memperoleh 91% yang menyatakan bahwa media sangat valid. Kepraktisan media e-flipbook diperoleh dari hasil angket guru dan siswa yang masing-masing memperoleh sebesar 100% untuk angket guru dan 97% untuk angket siswa yang dapat menyatakan bahwa media e-flipbook sangat praktis. Keefektifan media diperoleh dari hasil tes pada uji coba skala besar diperoleh thitung 16,42 > ttabel 2,036 yang dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan siginifikan. Hasil tersebut membuktikan bahwa media e-flipbook sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, media e-flipbook, keterampilan menyimak cerita

Published
2022-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 196