Pengembangan Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Materi Perubahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Media dapat menjadi faktor pendorong bagi peserta didik untuk mengoptimalkan daya serap dan daya kreativitas, karena media dapat membuat pembelajaran lebih hidup dan memaksimalkan keaktifan peserta didik. Pengembangan media ini bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan media Spinning Wheel sebagai media pembelajaran siswa pada materi Perubahan Lingkungan kelas V di Sekolah Dasar. Untuk mengukur tingkat kelayakan media dilihat dari tingkat kevalidan media pembelajaran Spinning Wheel, tingkat kepraktisan media pembelajaran Spinning Wheel, dan tingkat keefektifan media pembelajaran Spinning Wheel. Penelitian ini menggunakan metode R&D atau Research and Development dan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil analisis validasi materi yang telah dilakukan oleh peneliti mendapatkan persentasi sebesar 88%, serta validasi materi mendapatkan persentasi sebesar 90%. Hasil analisisi kepraktisan media mendapatkan persentasi 90% dari respon pendidik dan mendapatkan persentasi 90% dari respon peserta didik. Pada tahap analisis keefektifan media mendapatkan presentasi ketuntasan belajar sebesar 84,61% dan hasil analisis N-Gain dengan kategori sedang dengan nilai 0,65. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran Spinning Wheel layak digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Spinning Wheel, Materi Perubahan Lingkungan
Abstract
Media can be a motivating factor for students to optimize absorption and creativity, because media can make learning more lively and maximize student activity. The development of this media aims to measure the level of feasibility of the Spinning Wheel media as a medium for student learning in the Environmental Change material for class V in elementary schools. To measure the feasibility of the media, it can be seen from the level of validity of the Spinning Wheel learning media, the practicality of the Spinning Wheel learning media, and the effectiveness of the Spinning Wheel learning media. This study uses the R&D or Research and Development method and refers to the ADDIE development model. The results of the analysis of material validation that have been carried out by researchers get a percentage of 88%, and material validation get a percentage of 90%. The results of the analysis of the practicality of the media get a percentage of 90% of the responses of educators and get a percentage of 90% of the responses of students. At the analysis stage of the media effectiveness, the presentation of learning completeness was 84.61% and the results of the N-Gain analysis were in the medium category with a value of 0.65. So it can be concluded that the Spinning Wheel learning media is suitable for use in the learning process in elementary schools.
Keywords: Development, Spinning Wheel Learning Media, Environmental Change Materials.