PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NARASI BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA ALUR CERITA RAKYAT
Abstract
Perkembangan zaman telah mengantarkan pada kemajuan teknis, salah satunya adalah penggunaan program quizizz untuk menghadirkan media pembelajaran online. Media aplikasi Quizizz dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran siswa, sehingga tidak membuat siswa lelah selama proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk menguji bagaimana media pembelajaran teks naratif yang didukung oleh aplikasi Quizizz mempengaruhi pemahaman cerita rakyat siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental. Pendekatan pengambilan sampel adalah pre-experiment one-group pre-test-posttest. Sampel terdiri dari 26 siswa kelas IV SDN Purworejo 01 Geger. Ujian dan angket digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian. Analisis statistik data menggunakan uji-t regresi linier dasar untuk menilai hipotesis. Temuan regresi linier sederhana SPSS versi 28 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05. Nilai pra dan pasca tes siswa telah meningkat, dengan skor rata-rata awal menjadi 49,20 dan skor rata-rata akhir menjadi 51,20. Menurut temuan tersebut, pemahaman siswa tentang cerita rakyat meningkat ketika alat pembelajaran teks naratif digabungkan dengan aplikasi Quizizz.
Kata Kunci: quizizz, teks narasi, alur cerita.