PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZZIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS I SDN KENDANGSARI III SURABAYA
Abstract
Pembelajaran tatap muka untuk siswa kelas I Sekolah Dasar dimulai pertama kali sejak sistem pembelajaran daring diberlakukan hampir 2 tahun terakhir. Hal ini tentunya menimbulkan permasalahan terkait kemampuan berhitung siswa yang kurang, sehingga diperlukan pemecahan masalah dengan segera. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas I Sekolah Dasar melalui penerapan media kuis online atau Quizizz dalam materi penjumlahan susun bilangan cacah kurang dari 100 beserta prosesnya. Metode kuantitatif dipilih sebagai metode dalam penelitian dengan penggunaan pre-eksperimental design sebagai desain penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket terhadap 25 siswa kelas I SDN Kendangsari III Surabaya. Teknik pengumpulan data yang diterapkan ialah menggunakan tes yang terbagi ke dalam 2 tahap yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini memberikan hasil adanya peningkatan hasil rerata kemampuan berhitung penjumlahan dengan penggunaan media quizizz. Pada tahap pretest, rerata hasil tes siswa sebesar 78,4 sedangkan rerata 87,12 didapatkan pada tahap posttest. SPSS V25 digunakan sebagai aplikasi bantuan untuk mengolah data penelitian. Berdasarkan analisis data melalui SPSS V25 dengan uji paired sample t-test diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta diperoleh nilai gain sebesar 0,40 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan arti terdapat pengaruh sedang pada penggunaan media quizizz terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I SDN Kendangsari III Surabaya. Kesimpulan yang didapat yaitu media pembelajaran quizizz memberikan pengaruh signifikan sedang untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas I SDN Kendangsari III Surabaya pada materi penjumlahan susun bilangan cacah dengan hasil sampai 100.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berhitung, Operasi Bilangan Cacah, Quizziz
Face-to-face learning for first grade elementary school students was initiated for the first time since the learning system was implemented for 2 years. This course raises questions related to students lack of numeracy skills, so that problem solving is needed immediately. The purpose of the study was to determine whether there was an increase in the numeracy skills of first-grade elementary school students through the application of online quiz media or Quizizz in the material for adding whole numbers less than 100 and the process. Quantitative method was chosen as the method in the research with the use of pre-experimental design as the research design. Data collection techniques used tests and questionnaires on 25 first-grade students at SDN Kendangsari III Surabaya. The data collection technique applied was using a test which was divided into 2 stages, namely pretest and posttest. This study gives the results of an increase in the average result of the ability to calculate addition with the use of quizizz media. At the pretest stage, the average student test results were 78.4 while the mean was 87.12 at the posttest stage. SPSS V25 is used as a support application for processing research data. Based on data analysis through SPSS V25 with paired sample t-test, the results obtained sig (2-tailed) value of 0.000 <0.05 and obtained a gain value of 0.40 so that H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a moderate influence on media use. quiz on the numeracy skills of first grade at Kendangsari III Elementary School Surabaya. The conclusion obtained is that the quiz learning media has a moderately significant effect on improving numeracy skills in first grade students at Kendangsari III Elementary School Surabaya on the material of adding whole numbers with results up to 100.
Keywords: Learning Outcomes, Counting Ability, Number Operation, Quizizz