EKSPLORASI GEOMETRI BANGUNAN RUMAH GAJAH MUNGKUR GRESIK SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Bangunan rumah gajah mungkur yang didominasi bangun balok menjadi daya tarik untuk diteliti dan dijadikan sebagai sumber belajar etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep geometri yang ditemukan pada bangunan rumah gajah mungkur Gresik, pendapat stakeholder pendidikan di Kabupaten Gresik dalam mengimplementasikan etnomatematika dan mendeskripsikan keterkaitan kurikulum merdeka pada tingkat sekolah dasar dengan hasil eksplorasi geometri pada bangunan rumah gajah mungkur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian studi literature. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat konsep geometri bangun datar dan bangun ruang pada bangunan rumah gajah mungkur Gresik 2) pendapat Stakeholder pendidikan di kabupaten Gresik menyatakan bahwa hasil eksplorasi geometri pada bangunan rumah gajah mungkur ini inovatif dan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang mampu menarik minat peserta didik sehingga capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka; (3) Temuan konsep geometri bangun datar dan bangun ruang pada bangunan rumah gajah mungkur Gresik sesuai dengan kurikulum merdeka dan dapat diterapkan pada fase A (kelas 1&2), fase B (kelas 3&4) dan fase C kelas (5&6) karena mampu memenuhi capaian pembelajaran yang ada.
Kata Kunci: etnomatematika, pembelajaran matematika, geometri, bangunan rumah gajah mungkur.