PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ONLINE GOOGLE MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA

  • nabila prima avonnianita Universitas Negeri Surabaya
  • yoyok yermiandhoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Japanan 1 pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 melalui penggunaan google maps sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain “pretest-posttest control group design”. Teknik analisis data uji Independen Sample T-test adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dokumentasi, angket.Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Japanan 1 yang terdiri dari 20 siswa dan terbagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Uji Independen Sample T-test dengan perolehan thitung>ttabel (3,019 > 2,101) menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media google maps terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media pembelajaran aplikasi online, google maps, hasil belajar

Published
2022-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 204