ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE FREE FIRE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV SD

  • Nur Fadilah Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui realitas penggunaan game online free fire pada siswa kelas IV SD, (2) untuk mengetahui pendapat siswa kelas IV SD dalam mengartikan pengalamannya selama bermain game online free fire, (3) untuk mengetahui dampak game online free fire terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SD, (4) untuk mengetahui solusi yang diberikan guru dan orang tua terhadap adanya game online free fire yang mempengaruhi perilaku sosial siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) realitas penggunaan game online free fire pada siswa kelas IV SD kebanyakan dari mereka pernah dan sering bermain game online free fire; (2) pendapat siswa dalam mengartikan pengalamannya selama bermain game online free fire yaitu game nya seru, menyenangkan dan membutuhkan kerjasama dalam tim saat memainkannya, namun kadangkala mereka kesal saat kalah dalam permainan sehingga membuat mereka bermain lagi dan lagi; (3) terdapat dampak positif dan dampak negatif dalam bermain game online free fire, dampak positif di antaranya : daya fokusnya tinggi, dapat berbahasa asing, dan memiliki banyak teman. Sedangkan dampak negatifnya lebih ke dampak perilaku sosial anak diantaranya: anak gampang emosi, tidak mendengarkan perintah orang tua, suka  menyendiri, sopan santun kurang, dan kesulitan mengatur waktu belajar; (4) solusi dari dampak game online free fire terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SD yaitu sebagai pendidik : lebih sering mangajak diskusi kelas, apabila terdapat laporan penyimpangan perilaku sosial pada anak, pihak sekolah akan memanggil yang bersangkutan untuk diberi arahan dan bimbingan lebih, Sedangkan solusi sebagai orang tua : membatasi waktu anak dalam memegang gadget, melatih anak disiplin waktu, mengingatkan anak untuk beraktifitas lain yang bermanfaat.

Kata Kunci: Game Online, Perilaku Sosial, Free Fire

Published
2022-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 990
PDF Downloads: 766