PENGEMBANGAN MEDIA RASI (DIORAMA SIKLUS AIR) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Peneliti melakukan penelitian pengembangan yang mengembangkan sebuah produk jadi yaitu Media RASI (diorama siklus air). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media. Digunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan. Siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dari SDN Mojorangagung digunakan sebagai subjek uji coba. Media ini layak digunakan karena mendapat kategori sangat valid dengan persentase 90% dari hasil penilaian oleh ahli materi dan mendapat persentase 86% dari hasil penilaian oleh ahli media. Media ini mendapat nilai kepraktisan dengan kategori sangat praktis dengan persentase 94% dari angket respon guru dan 89% dari angket respon siswa. Keefektifan dari media diperoleh melalui hasil penilaian pretest dan posttest siswa yang terjadi peningkatan yang signifikan yaitu dari 56,36 menjadi 92,72. Diperoleh persentase 100% untuk ketuntasan belajar siswa dengan kategori sangat tuntas dan memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,833 dengan kategori tinggi karena termasuk ke dalam rentang 0,70 < g < 1,00. Dari perolehan data tersebut, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa media RASI (diorama siklus air) yang dikembangkan oleh peneliti ini layak, praktis, dan efektif ketika diterapkan saat kegiatan pembelajaran IPA materi siklus air.
Kata Kunci: penelitian pengembangan, ADDIE, media diorama, siklus air.