PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “E-COSYSTEM” BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

  • Afifa Aisah Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif bernama “E-cosystem” yang memuat materi ekosistem mata pelajaran IPA kelas 5 sekolah dasar. Media pembelajaran interaktif “E-cosystem” penting dikembangkan karena media pembelajaran ini dapat menjadi fasilitas untuk mempermudah proses belajar siswa. Media pembelajaran ini juga dapat diakses melalui perangkat android, sehingga mampu digunakan secara fleksibel. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif “E-cosystem” pada materi ekosistem kelas 5 sekolah dasar berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan meliputi analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas 5 UPT SD Negeri 223 Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah validasi ahli, kuesioner respon guru dan siswa, serta tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validitas media, analisis kepraktisan media dan analisis keefektifan media. Hasil analisis validitas media dari validator ahli materi mendapatkan persentase 89,2% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan dari validator ahli media mendapatkan persentase 92,8% dengan kategori “sangat valid”. Hasil analisis kepraktisan media dari kuesioner respon guru dan siswa mendapatkan persentase 100% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil analisis keefektifan media dari ketuntasan hasil belajar mendapatkan persentase 95% dengan kategori “sangat baik” dan N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, media pembelajaran interaktif “E-cosystem” sangat disarankan untuk digunakan dalam membantu siswa kelas 5 sekolah dasar memahami materi ekosistem dalam pembelajaran di kelas maupun pembelajaran secara mandiri.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif “E-cosystem”, Ekosistem, Sekolah Dasar.

Published
2022-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 125