PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan media dalam aktivitas pembelajaran dan penyampaian materi oleh guru sulit dipahami siswa terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia kegiatan menyimak cerita yang berisi kalimat ajakan. Hal tersebut menjadi alasan perlunya dilaksanakan penelitian pengembangan media video animasi untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas I sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan media video animasi untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas I sekolah dasar dan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media video animasi yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, meliputi lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket. Hasil validasi materi menunjukkan persentase 90% dan hasil validasi media menunjukkan persentase 88,75%. Berdasarkan hasil tes siswa yang dianalisis dengan SPSS, menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 dan perhitungan manual menunjukkan t hitung > t tabel (15,022 > 2,101). Perolehan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa, masing-masing menunjukkan persentase 100% dan 96,66%. Berdasarkan hasil kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dapat diketahui media video animasi sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran menyimak cerita siswa kelas I sekolah dasar.
Kata Kunci: pengembangan, media video animasi, keterampilan menyimak cerita.