Pengembangan Media Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II SDN Sumberjo II

  • Miftahush Shobirin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media dan kualitas dari media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint yang mampu memberikan motivasi dan meningkatkan variasi belajar matematika yang masih dianggap materi yang sulit. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Proses penelitian ini tidak dapat dilakukan di lapangan dikarenakan adanya pandemi covid 19 sehingga uji kepraktisan hanya dilakukan kepada guru kelas II sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa media pembelaljaran berbasis Microsoft Powerpoint mendapatkan presentase kevalidan media sebesar 85% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk kevalidan materi mendapatkan presentse sebesar 81% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan validasi dan kepraktisan yang diperoleh, pengembangan media Microsoft Powerpoint pada pembelajaran pengurangan dan pembagian dinyatakan valid dan layak sebagai media untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci : Pengembangan Media, Micosoft powerpoint, Matematika

Published
2022-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 177