Array
Abstract
Media pembelajaran dapat berasal dari pemanfaatan teknologi maupun non teknologi. Kemajuan teknologi dan komunikasi senantiasa meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut bisa digunakan oleh guru maupun mahasiswa untuk mengembangkan suatu media belajar seperti game edukasi dengan basis android. Pada studi ini, inovasi tersebut berupa produk media belajar yakni media game edukasi MathCha Adventure (Mathematics Challenge Adventure) berbasis android. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yakni : (1) Mendeskripsikan proses tahap pengembangan media MathCha Adventure berbasis android materi bangun datar kelas II SD, (2) Mengetahui kelayakan media MathCha Adventure dengan basis android materi bangun datar pada kelas II SD. Dalam penelitian pengembangan ini memanfaatkan studi Research and Development model ADDIE yang terdapat lima tahap yakni Analysis,Design,Development,Implementation, dan Evaluation. Hasil produk yang dikembangkan peneliti berupa media game edukasi MathCha Adventure berbasis android. Untuk mengetahui tingkat kelayakan dari produk MathCha Adventure peneliti menggunakan proses validasi materi dan validasi media, serta angket peserta didik sebanyak 22 anak. Hasil uji validasi media yang telah dilakukan memperoleh rata-rata presentase senilai 84% dengan kategori valid tanpa revisi sementara validasi materi mendapatkan hasil presentase senilai 92% dalam kategori valid tanpa revisi. Uji coba media MathCha Adventure berbasis android dilaksanakan untuk peserta didik kelas II SDN Jombatan II Kesamben mendapatkan hasil kuisioner dengan presentase senilai 97% dalam kategori valid tanpa revisi. Maka dari itu bisa ditarik simpulan bahwasanya media MathCha Adventure berbasis android sangat layak dimanfaatkan sebagai media belajar pada materi bangun datar di sekolah dasar.
Kata Kunci : Teknologi, Bangun datar, Android, Media MathCha Adventure.