Pengembangan Media Game Edukasi GHOSTING (Go Shopping With Studying) Pada Materi Pembulatan Dan Penaksiran Untuk Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi ini menyebabkan kegiatan pembelajaran kurang maksimal karena penggunaan media yang kurang menarik dalam menyampaikan konsep materi pembulatan dan penaksiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi sebagai alat bantu siswa memahami materi pembulatan dan penaksiran serta menguji kelayakan, kepraktisan dan efektivitas media game edukasi GHOSTING (Go Shopping With Studying) untuk kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahap dalam pelaksanaannya, yaitu Analysis, Design, Development, Implementationn dan Evaluation. Dari Hasil penelitian ini menghasilkan media game edukasi GHOSTING dengan tingkat kelayakan media game edukasi GHOSTING memperoleh persentase 90,9 % dari ahli materi dan 88,2 % dari ahli media. Sedangkan untuk kepraktisan media diperoleh dari respon yang diberikan oleh guru dengan persentase 100 % dan respon siswa yang mendapat persentase 88,6%. Kemudian untuk tingkat keefektifan media didapatkan dari persentase ketuntasan belajar siswa yang menunjukkan hasil 83,3% dan uji normal gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Dengan demikian media game edukasi GHOSTING (Go Shopping With Studying) sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan pada materi pembulatan dan penaksiran untuk kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: game edukasi GHOSTING, media, pembulatan dan penaksiran