PENGEMBANGAN MEDIA VOCABULARY PLACE BERBASIS ANDORID UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI KOSAKATA BAHASA INGGRIS
Abstract
Pengembangan media ini bernama Vocabulary Place yang berfungsi untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris bagi siswa SD khususnya pada tema family dan colors. Pengembangan media pembelajaran tersebut untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya digunakan dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini meggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang didalamnya terdapat 5 langkah penelitian, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Produk media tersebut diuji coba di SDN Woromarto I dengan jumlah 12 siswa.
Dari penelitian yang dilakukan, media dilakukan uji validasi oleh 2 ahli yakni ahli media dan ahli materi. Ahli media menghasilkan tingkat validasi sejumlah 77 persen dan ahli materi menghasilkan tingkat validasi sejumlah 74 persen. Untuk tingkat kepraktisan, diperoleh data dari lembar angket sekitar 66 persen. Artinya, siswa cukup setuju dengan media tersebut untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Lalu, untuk tingkat keefektifan diperoleh dari data ketuntasan belajar sebesar 85 persen. Sehingga, media Vocabulary Place layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak SD.
Kata kunci : Pengembangan, Vocabulary Place, android