PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KERMORAJA (KERTU MONOPOLI AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA MENGGUNAKAN SANDHANGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SD

  • Gisela Ayu Wulantika Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kermoraja (Kertu Monopoli Aksara Jawa) sebagai alternatif media belajar dalam menulis aksara Jawa menggunakan sandhangan kelas IV SD hingga mencapai kelayakan dengan kualifikasi valid, praktis dan efektif.  Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media Kermoraja memperoleh tingkat kevalidan dari validasi materi sebesar 88% dan dari validasi media sebesar 82,5%. Media juga praktis dengan hasil yang diperoleh dari angket guru sebesar 98,75% dan angket siswa sebesar 100%. Selain itu, media dapat dinyatakan efektif dengan hasil rata-rata peningkatan skor N-Gain sebesar 0,69. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Kermoraja (Kertu Monopoli Aksara Jawa) layak dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran materi menulis aksara Jawa menggunakan sandhangan.

Kata Kunci : media Kermoraja, menulis sandhangan, aksara jawa

Published
2022-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 149