EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN

  • Canareta Kurnia Putri Rahtwo Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Abstrak

Etnomatematika menghadirkan pembelajaran Matematika dengan nuansa budaya yang akan menciptakan suasana belajar lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu juga dapat menumbuhkan rasa cinta akan kebudayaan salah satunya Permainan Tradisional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi pada Permainan Tradisional Jamuran sebagai sumber belajar Matematika Sekolah Dasar pada kelas awal dan mendeskripskan pendapat guru mengenai hasil eksplorasi yang didapatkan oleh peneliti dalam Permainan Tradisional Jamuran sebagai sumber belajar Matematika Sekolah Dasar kelas awal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Sumber data dalam penelitian ini dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan kajian studi literatur. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa: (1) terdapat beberapa konsep Matematika Sekolah Dasar kelas awal pada Permainan Tradisional Jamuran yaitu konsep geometri (bagun datar, ruas garis, dan sudut), konsep pengukuran (satuan tidak baku), dan konsep bilangan (bilangan asli, operasi hitung, dan perbandingan dua bilangan), (2) konsep Matematika Sekolah Dasar kelas awal yang terdapat pada Permainan Tradisional Jamuran dapat dijadikan alternativ belajar Matematika Sekolah Dasar pada kelas awal.

Kata Kunci: Etnomatematika, geometri, pengukuran, dan bilangan, Permainan Tradisional Jamuran.

 

 

Abstract

Ethnomathematics presents mathematics learning with cultural nuances that will create a more interesting and fun learning atmosphere. Besides that, it can also foster a sense of love for culture, one of which is traditional games. The purpose of this study is to describe the results of exploration in traditional mushroom games as a source of elementary school mathematics learning in the early grades and to describe the teacher's opinion regarding the exploration results obtained by researchers in traditional mushroom games as a source of learning mathematics in early grade elementary schools. This study uses a descriptive qualitative method with an ethnographic approach. Sources of data in this study from the results of interviews, observations, documentation, and literature studies. The results of this study describe that there are several early grade elementary school math concepts in traditional mushroom games, namely the concept of geometry (flat shapes, line segments, and angles), the concept of measurement (non-standard units), and the concept of numbers (natural numbers, arithmetic operations, and the ratio of two numbers). And the concept of elementary school mathematics in the early grades contained in traditional mushroom games can be used as an alternative to learning elementary school mathematics in the early grades.

Keywords: Ethnomathematics, geometry, measurement, and numbers, traditional jamuran games

Published
2022-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 415
PDF Downloads: 397