EFEKTIFITAS METODE DRILL BERBASIS SITA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN KELAS III SD

  • Sania Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi perkalian masih sangat rendah hal ini didukung oleh pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada kelas kontrol jumlah siswa tuntas sebanyak 2 siswa, sedangkan pada kelas eksperimen jumlah siswa tuntas sebanyak 5 siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode drill berbasis SITA (soal cerita) ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar materi perkalian dan mengukur keefektifan metode drill berbasis SITA dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB UPT SDN 234 Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan Uji Validasi dan Uji Reliabilitas untuk menguji instrumen penelitian. Uji validasi menunjukkan 10 butir soal valid dengan perhitungan rhitung 0,566 sampai 0,880. Uji Reliabilitas memenuhi kriteria “sangat tinggi” dilihat dari hasil perhitungan rhitung sebesar 0,919. Kemudian untuk menguji hasil penelitian menggunakan Uji Kesamaan Kemampuan Awal, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Uji N-Gain. Uji kesamaan kemampuan awal menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari hasil yang menunjukkan 0,419 > 0,05. Uji Normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dilihat dari hasil yang diperoleh adalah nilai signifikansi 0,95 sampai 0,857 lebih besar dari 0,05. Uji homogenitas menyatakan data homogen dilihat dari hasil yang diperoleh adalah signifikan Based on Mean sebesar 0,599 > 0,05. Hasil uji hipotesis sig. (2-tailed) yaitu  yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan adanya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelas kontrol. Pada Uji N-Gain menempati kriteria “cukup efektif” dilihat dari hasil uji N-Gain sebesar 74,8%. Pada kelas eksperimen yang awalnya tingkat ketuntasan hanya 25% menjadi 95% yang berarti hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya metode drill berbasis SITA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan merode drill berbasis SITA pada mata pelajaran matematika materi perkalian dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Efektifitas metode drill, hasil belajar, matematika sd, materi perkalian.

Published
2022-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 283
PDF Downloads: 234