PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Sherlly Mariatul Kiftia Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media dan kelayakan media melalui uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang menggunakan  model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Pada penelitian ini dilakukan uji coba skala besar dengan subjek penelitian sebanyak 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi dinyatakan sangat valid  dengan rata-rata validasi materi  sebesar 88,75% dan rata–rata validasi media sebesar 97%. Kepraktisan media pembelajaran video animasi diperoleh melalui hasil angket guru dengan jumlah rata-rata sebesar 95% dan hasil angket siswa dengan jumlah rata-rata sebesar 93,7%. Dari hasil tersebut, maka video animasi sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan media pembelajaran video animasi dilakukan melalui analisis data dari perolehan tes siswa menggunakan perhitungan rumus uji t dengan perolehan 25,47 > ttabel 2,00856 pada taraf signifikasi 5% dan sistem SPSS uji paired t-test memperoleh hasil nilai signifikan 0,00 < 0,05. Dari hasil tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil tes siswa setelah menggunakan media video animasi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi untuk keterampilan menyimak teks eksplanasi layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, media video animasi, keterampilan menyimak teks eksplanasi.

Published
2022-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 277
PDF Downloads: 430